Have an account?

Saturday, June 26, 2004

Kim Sun-il

Kim Sun-il





Awan kelabu masih menggelayut di langit Korea. Tidak hanya karena badai musiman yang datang dari selatan tetapi juga karena salah seorang putra bangsa ini menjadi korban di Irak. Kim Sun-il, seorang penerjemah bagi perusahaan Korea yang mensuplay kebutuhan tentara Amerika di Irak, menjadi orang ketiga yang dieksekusi setelah Paul M. Johnson Jr.

Gundah, kesal dan amarah juga bercampur menjadi satu. Pemerintah Korea dianggap bersalah oleh masyarakat Korea karena pernyataan keras yang dikeluarkan ketika negosiasi pelepasan Kim Sun-il sedang berjalan. Kematian tragis Kim semakin memicu gerakan anti pemerintah dan kebijakannya menyangkut pengiriman pasukan ke Irak.

......
Ah...sudah terlalu banyak kekerasan di muka bumi ini. Entah berapa ribu nyawa lagi yang harus menjadi tumbal bagi sebuah perdamaian.

(Pemerintah Korea sedang mengawasi dan menutup akses ke setiap website yang meng-upload video eksekusi Kim Sun-il. Dan hari ini...hari ketiga blogspot tidak dapat dibuka di sini. Di-block juga kah? Entahlah............~~~)

No comments: